TENTANG DESA

Gontar Baru, A village at the north of Sumbawa Island. Not only presenting the natural beauty through its beaches, but also the beauty and intelligence of its human resources.

Desa Gontar Baru merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa Gontar Baru terletak di bagian utara Pulau Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa. Desa Gontar baru terletak di -8.495334 LS dan 116.973330 BT. Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Sumbawa dengan mata pencaharian adalah sebagai petani dan nelayan. Hasil pertanian utama di desa Gontar Baru adalah padi, jagung, tebu, kopi, kakao, dan lain sebagainya.

Gontar Baru merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Alas Barat, kabupaten Sumbawa, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Desa Gontar Baru merupakan satu dari 8 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Alas Barat. Desa ini memiliki kodepos 84353.

Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku campuran Sumbawa dan Sasak (Lombok). Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan, pedagang dan juga petani. Desa ini memiliki banyak potensi yang berlimpah ruah seperti persawahan, pantai, hasil hutan, kebun, dan lain sebagainya.

Jika tertarik untuk datang ke desa ini, bisa melaui jalur darat, laut, dan/atau udara. Jika menggunakan jalur darat, kita bisa menggunakan bis antar kota dari Kota Sumbawa Besar atau bus antar kota dari Kota mataram. Bus antar kota ini memiliki beberapa jenis, diantaranya travel, bus patas, hingga bus Executive.

Jika ingin menggunakan jalur laut, bisa menggunakan kapal layar dari Pelabuhan Badas di Sumbawa Besar ataupun menggunakan perahu layar besar dari Gili Trawangan di Lombok Utara atau melalui pelabuhan Lembar.